Rabu, 11 Februari 2009

Mengukir Nasib

"Perhatikan pikiran anda, pikiran itu menjadi kata-kata. Perhatikan kata-kata anda, kata-kata itu akan menjadi tindakan. Perhatikan tindakan anda, tindakan itu akan menjadi kebiasaan. Perhatikan kebiasaan anda, kebiasaan itu akan menjadi karakter. Perhatikan karakter anda, karakter itu akan menjadi nasib. "

mari kita merenungkan kata bijak diatas dengan seksama. mencermati kata bijak di atas akan terasa sekali dalam diri betapa nasib yang kita terima merupakan akumulasi dari karakter kita. Nasib kita ditentukan oleh baik buruknya karakter kita, sedangkan karakter kita adalah kebiasaan yang sering kita lakukan. kebiasaan itu merupakan tindakan dan perbuatan yang sering kita lakukan. dan kebiasaan itu muncul dari kata-kata dan pikiran.

Nasib baik atau buruk yang kita alami bila kita renungkan secara mendalam ternyata merupakan hasil dari keseharian kita. bila kita berpikir baik tidak berpikir kotor, maka kata-kata yang kita keluarkan dari mulut kita adalah kata-kata yang baik. kata-kata yang baik memunculkan sikap dan tindakan yang bijaksana yang kemudian melahirkan kebiasaan-kebiasaan terpuji yang menjadi karakter dan karakter yang baik akan memunculkan nasib yang baik pula.

Bila kita mencermati kisah-kisah orang sukses, maka kita akan melihat karakter mereka yang pantang menyerah, tidak gampang putus asa dan selalu optimis. sifat pantang menyerah dan selalu optimis ini tidak muncul tiba-tiba tetapi merupakan kebiasaan-kebiasaan yang terus ditanamkan dari awal.

Bila kita ditimpa oleh nasib buruk, kita sering mengeluh dan terus mengeluh mengapa kita mengalami nasib yang buruk. seharusnya kita merenung dan berpikir tentang karakter, kebiasaan yang sering kita lakukan. mungkin disana-sini masih ada kesalahan-kesalahan yang menjadi telah menjadi kebiasaan kita.

ada sebuah kata bijak yang penulis lihat di lift gedung Bank Indonesia Medan, lebih kurang kata-kata nya berbunyi seperti ini " Tidak Penting seberapa jauh kesalahan yang anda perbuat, segera putar arah "

Melihat kata bijak tersebut, penulis jadi berpikir tentang kesalahan-kesalahan yang selama ini penulis perbuat yang bisa menjadi kebiasaan dan akhirnya mendatangkan nasib buruk. Kata bijak tersebut memotivasi kita untuk segera berubah dan untuk tidak melakukan lagi kesalahan-kesalahan selama ini.

Mari segera melakukan perubahan. ingat kata Aa Gym tentang perubahan yaitu 3M : Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil, Mulai dari sekarang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar