Jumat, 22 Mei 2009

Menggerakkan ekonomi dengan belajar dari sholat

Sholat merupakan ibadah umat muslim yang istimewa. Sholat selain berdimensi ilahiah juga berdimensi sosial. Sholat yang baik menurut Nabi Muhammad adalah sholat berjamaah. Sholat berjamaah mencerminkan persatuan umat. melalui sholat berjamaah tidak akan tampak perbedaan antara yang kaya dan yang miskin, antara pejabat dengan orang yang melarat, semua sama, sholat berjamaaah mengharap ridho Sang Pencipta.

Melalui cerminan sholat berjamaah, kita seharusnya mengembangkan ekonomi umat juga dengan berjamaah, saling bersatu berjalan beriring bersama. semua elemen masyarakat saling berjamaah bersama mengerakkan roda ekonomi. antara pemerintah, pengusaha, lembaga keuangan dan masyarakat bersama mengelola sumber daya yang ada demi kesejahteraan bersama.

Ekonomi yang kuat akan tercipta bila pemerintah dan masyarakat saling bekerjasama. Pemerintah sebagai pemegang amanah dari rakyat bertindak sebgai operator, pengawas jalannya kegiatan ekonomi masyarakat.

Pengusaha bergerak dengan memeproduksi barang dan jasa, selain membantu masyarakat dalam memenuhi barang kebutuhan, pengusaha juga menciptakan lapangan pekerjaan dan membantu pemerintah dalam mengerakkan roda ekonomi.

Lembaga keuangan dengan fungsinya sebagai lembaga intermediary menjadi penghubung antara masyarakat, antara pihak yang surplus dana dan pihak yang membutuhkan dana.

Semua elemen bangsa harus bergerak dan saling mendukung. Bangsa ini tidak akan berubah kalau semua berjalan sendiri-sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar